NAMA : DILA HERLIATI
KELAS : 3KA04
NPM : 12116015
MAPEL : Peng. Animasi & Desain Grafis

MAKALAH ANIMASI

ABSTRAK

Dalam proses menggerakkan objek karakter 3D (animasi), kebanyakan animator masih menggunakan cara pada umumnya yaitu membuat pose untuk setiap tahapan gerakannya pada karakter 3D. Cara tersebut membuat proses pengerjaan animasi menjadi lama ketika harus menggerakkan lebih dari satu karakter 3D karena gerakan yang sudah dibuat pada satu karakter 3D tidak bisa disalin pada karakter 3D yang lain, misalnya untuk membuat animasi gerakan berjalan di sebuah taman dan sering digunakan pada karakter-karakter dalam sebuah film animasi. Animasi yang akan penulis buat atau rancang ini menggunakan software Muvizu Animation.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
            Animasi adalah suatu teknik yang bnayak sekali digunakan dalam dunia film saat ini, baik suatu kesatuan yang utuh, bagian dalam suatu film maupun bersatu dalam live film [1]. Selain dalam film, animasi juga banyak dimanfaatkan dalam dunia game. Definisi animasi sendiri berasal dari ka ‘to animate’ yang berarti menggerakkan, menghidupkan. Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu [2].

            Terdapat banyak teknik dalam pembuatan animasi 2D, diantaranya adalah Animasi Cell, rotoscoping, keyframe dan teknik animasi lainnya. Sedangkan untuk animasi 3D dapat menggunakan teknik animasi motion capture. Dalam bidang animasi, motion capture adalah salah satu cara yang dipakai para kreator animasi untuk mengambil gerakan yang dapat diterapkan dalam pembuatan animasi, sehingga gerakan yang didapatkan lebih alami [3]. Keuntungan lainnya menggunakan motion capture dapat menangkap gerakan dengan jelas. Dapat memberikan motion capture dapat menangkap gerakan dengan jelas. Dapat memberikan motion data dengan tingkat derajat kebebasan (degree of freedom) dengan tingkat detail yang sangat tinggi [4]. Ketika diperlukan data gerakan data gerakan yang tidak biasa atau gerakan yang sulit dilakukan motion capture untuk realisme gerakan, karena sulit bagi animator tradisional untuk membuatnya secara akurat. Maka menggunakan motion capture dianggap lebih medah dibanding menggunakan teknik animasi lainnya.

Untuk membuat simulasi video animasi ini, seseorang yang sedang mengajak temannya untuk berjalan di sebuah taman. Berjalan Kaki merupakan olahraga ringan dan murah. Namun jangan meremehkan olahraga ini. Walaupun ringan dan murah, ternyata olahraga jalan kaki mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh anda. Dengan berjalan kaki, dapat mengurangi stres yang anda rasakan, dapat menurunkan berat badan, mencegah terjadinya penyakit diabetes, dan masih banyak lagi manfaat berjalan kaki lainnya.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Animasi
Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek [gambar] yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu makluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Didalam animasi ada dua objek tepenting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.
Animasi  secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (time line), simulasi

2.2.Muvizu
Muvizu adalah sebuah aplikasi yang bisa membuat animasi 3D secara mudah. Menurut kesan saya terhadap Muvizu adalah “membuat animasi yang mudah tanpa guru sekalipun anda bisa membuat animasi 3D”. Muvizu ini cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda hanya tinggal memilih apa saja yang ingin di tampilkan dan semuanya tersedia melimpah didalam Muvizu ini.



Tahapan Pembuatan Animasi

1.      Buka aplikasi Muvizu
2.      New Scene > Park
3.      Create character
4.      Tekan karakter utama
5.      Pilih direct
6.      Pilih character movement
7.      Pilih only walk
8.      Tekan record
9.      Lalu arahkan karakter kemana ia berjalan
10.  Create character kedua
11.  Pilih prepare
12.  Pilih character actions
13.  Pada initial state : pilih sit
14.  Lalu klik kiri  > draf ke objek bangku taman
15.   Pilih initial mood : sad (sedih)
16.  Click Video > Pilih Make Video
17.  Setting pada
·         Start : 0
·         End : 250
·         Duration : 250
·         Untuk Video : 10 detik
18.  Lalu Klik Make Video (tunggu rendering > selesai)


 
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi. Animasi itu macam-macam jenisnya ada yang 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vektor graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek didalamnya seperti efek pencahayaan, air, api dan sebagainya. Tokoh yang dianggap berjasa besar mengembagkan film animasi adalah Wait Disney.


REFERENSI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posttest_Analisis Kinerja Sistem