NAMA : DILA HERLIATI
KELAS : 3KA04
NPM : 12116015
MAPEL : Peng. Animasi & Desain Grafis
MAKALAH ANIMASI
ABSTRAK
Dalam proses menggerakkan
objek karakter 3D (animasi), kebanyakan animator masih menggunakan cara pada
umumnya yaitu membuat pose untuk setiap tahapan gerakannya pada karakter 3D.
Cara tersebut membuat proses pengerjaan animasi menjadi lama ketika harus
menggerakkan lebih dari satu karakter 3D karena gerakan yang sudah dibuat pada
satu karakter 3D tidak bisa disalin pada karakter 3D yang lain, misalnya untuk
membuat animasi gerakan berjalan di sebuah taman dan sering digunakan pada
karakter-karakter dalam sebuah film animasi. Animasi yang akan penulis buat
atau rancang ini menggunakan software Muvizu Animation.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Animasi adalah suatu teknik yang
bnayak sekali digunakan dalam dunia film saat ini, baik suatu kesatuan yang
utuh, bagian dalam suatu film maupun bersatu dalam live film [1]. Selain dalam
film, animasi juga banyak dimanfaatkan dalam dunia game. Definisi animasi
sendiri berasal dari ka ‘to animate’ yang berarti menggerakkan, menghidupkan.
Misalkan sebuah benda yang mati, lalu digerakkan melalui perubahan sedikit demi
sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup. Animasi adalah proses
penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa
waktu [2].
Terdapat banyak teknik dalam
pembuatan animasi 2D, diantaranya adalah Animasi Cell, rotoscoping, keyframe
dan teknik animasi lainnya. Sedangkan untuk animasi 3D dapat menggunakan teknik
animasi motion capture. Dalam bidang animasi, motion capture adalah salah satu
cara yang dipakai para kreator animasi untuk mengambil gerakan yang dapat
diterapkan dalam pembuatan animasi, sehingga gerakan yang didapatkan lebih
alami [3]. Keuntungan lainnya menggunakan motion capture dapat menangkap gerakan
dengan jelas. Dapat memberikan motion capture dapat menangkap gerakan dengan
jelas. Dapat memberikan motion data dengan tingkat derajat kebebasan (degree of
freedom) dengan tingkat detail yang sangat tinggi [4]. Ketika diperlukan data
gerakan data gerakan yang tidak biasa atau gerakan yang sulit dilakukan motion
capture untuk realisme gerakan, karena sulit bagi animator tradisional untuk
membuatnya secara akurat. Maka menggunakan motion capture dianggap lebih medah
dibanding menggunakan teknik animasi lainnya.
Untuk
membuat simulasi video animasi ini, seseorang yang sedang mengajak temannya
untuk berjalan di sebuah taman. Berjalan Kaki merupakan olahraga ringan dan
murah. Namun jangan meremehkan olahraga ini. Walaupun ringan dan murah,
ternyata olahraga jalan kaki mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi
kesehatan tubuh anda. Dengan berjalan kaki, dapat mengurangi stres yang anda
rasakan, dapat menurunkan berat badan, mencegah terjadinya penyakit diabetes,
dan masih banyak lagi manfaat berjalan kaki lainnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
Animasi
Animasi
adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek [gambar] yang disusun
secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap
pertambahan hitungan waktu makluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.
Animasi
berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi
jiwa dan menggerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang
asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi
hidup. Didalam animasi ada dua objek tepenting, yaitu objek atau gambar dan
alur gerak.
Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu
sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (time line), simulasi
2.2.Muvizu
Muvizu adalah sebuah
aplikasi yang bisa membuat animasi 3D secara mudah. Menurut kesan saya terhadap
Muvizu adalah “membuat animasi yang mudah tanpa guru sekalipun anda bisa
membuat animasi 3D”. Muvizu ini cara menggunakannya sangat mudah sekali, anda
hanya tinggal memilih apa saja yang ingin di tampilkan dan semuanya tersedia
melimpah didalam Muvizu ini.
Tahapan Pembuatan Animasi
1.
Buka aplikasi Muvizu
2.
New Scene > Park
3.
Create character
4.
Tekan karakter utama
5.
Pilih direct
6.
Pilih character movement
7.
Pilih only walk
8.
Tekan record
9.
Lalu arahkan karakter kemana ia berjalan
10.
Create character kedua
11.
Pilih prepare
12.
Pilih character actions
13.
Pada initial state : pilih sit
14.
Lalu klik kiri > draf ke objek bangku taman
15.
Pilih
initial mood : sad (sedih)
16.
Click Video > Pilih Make Video
17.
Setting pada
·
Start : 0
·
End : 250
·
Duration : 250
·
Untuk Video : 10 detik
18.
Lalu Klik Make Video (tunggu rendering
> selesai)
BAB III
KESIMPULAN
3.1 Kesimpulan
Animasi
merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga
penonton merasakan adanya ilusi gerakan pada gambar yang ditampilkan. Secara
umum ilusi gerakan merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah
‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah
animasi. Animasi itu macam-macam jenisnya ada yang 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi
(3D). Pada animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan
menggunakan 2D bitmap graphics atau 2D vektor graphics. Sedangkan 3D lebih
kompleks lagi karena menambahkan berbagai efek didalamnya seperti efek
pencahayaan, air, api dan sebagainya. Tokoh yang dianggap berjasa besar
mengembagkan film animasi adalah Wait Disney.
REFERENSI

Komentar
Posting Komentar