NAMA : DILA HERLIATI
KELAS : 3KA04
NPM : 12116015
MAPEL : Peng. Animasi & Desain Grafis




ABSTRAK

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. 

Desain grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahaan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. 

Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan ataupun produk yang dihasilkan. Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk, tekstur, garis, ruang dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual dalam aspek struktural komposisi yang lebih luas.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
            Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Proses desain pada jaman dahulu masih menggunakan metode manual dengan menggunakan berbagai alat seperti penggaris, pensil, drawing pen, kertas gambar, dan dalam proses pembuatan suatu desain memerlukan waktu yang lama. Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat dan hal ini sangat berdampak terhadap kegiatan yang menunjang pekerjaan kita sehari-hari.

            Dalam bidang desain dan perancangan pengembangan produk, perkembangan teknologi informasi sudah sangat terasa dampaknya, yaitu dengan banyaknya software-software yang mempermudah dan membantu kita dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam bidang perancangan dan tahapan perencanaan sampai dengan tahapan produksi. Tahapan perencanaan terutama dalam bidang desain produk saat ini yaitu software CAD ( Computer Aided Desaign ). Software yang sudah banyak digunakan didunia pendidikan adalah Auto CAD dan Soldwork.

            Dengan mengaplikasikan desain mempermudah dalam pembuatan suatu produk, produk ini bisa berupa komponen, perencanaan mesin, cetakan permanen dan sebagainya. Cetakan permanen biasanya dibuat dari besi cor dengan melalui proses pengecoran dan dilakukan finishing melalui proses pemesinan.

Untuk membuat simulasi desain brosur konser musik. Konser merupakan suatu pertunjukkan langsung biasanya musik ini dipertunjukkan di depan penonton. Musik dapat dimainkan oleh musikus tunggal, kadang disebut resital, atau suatu ensembel musik, seperti orkestra atau group musik. konser dapat diberbagai jenis lokasi. Sehingga kami membuat brosur konser musik secara publik untuk mempermudah bagi pecinta musik untuk berdatangan ke lokasi tujuan, untuk melihat artis yang di favoritkan. 


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Desain

Desain adalah suatu sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri.
2.2. Inkscape
Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Tahapan Pembuatan Desain


Step By Step :
1. Buka Inkscape  di komputer anda

2. Ukuran = Klik kiri pada File (Menu Bar) > Document Propeties (Shift+Ctrl+D) > Orientation : portrait , Custom size = width : 2500 dan Height  : 2700.

3.Import Foto = Klik kiri pada File (Menu Bar) > Import > pilih pictures yang ada di komputer tersebut.

4. Mempudar foto menggunakan Opacity (%) = tekan tombol keyboard shift+ctrl+F (Fill and Stroke) > Tentukan Opacity yang tadinya 100 > 50.

5. Mendesain menggunakan Draw Bezier =  Klik kiri pada Draw Bezier curves and straight lines (Tool Box) > titik-titikan garis pinggir pada logo tersebut.

6. Merapikan garis Bezier menggunakan Edit paths by nodes = Klik kiri Edit paths by nodes (Tool Box) > Klik kiri (1x) pada garis bezier > lalu rapikan sesuai garis logo tersebut.

7. Baground foto di crop = klik [Draw Bezier curves and straight lines] (Toolbox) > tarik kursor ke objek tersebut sehinga berbentuk, dari titik akhir garis bezier harus ketemu dengan titik awal garis bezier > tekan tombol shift + klik kiri mouse pada garis bezier yang sudah kita buat dari titik awal, ketemu dengan titik akhir + klik dasar foto > klik [Object](Menu Bar) > Clip > klik Set > lalu tarik gambar tersebut.

8. Warna dasar + Gradients = Klik kiri Create rectangles and squares (Toolbox) > tarik kotak tersebut ke Kanvas > > pilih warna color sesuai keinginan kita [Color Pallete].

9. Logo berada diatas dasar = Foto tersebut harus ada dibawah dasar persegi panjang tersebut lalu klik dasarnya > klik [Lower Selection to bottom] (Tool controls bar), selesai gambar sudah ada di atas dasar.

10. Bunga mawar di jadikan baground di logo = Klik kiri pada gambar mawar tersebut > (Shift + Ctrl + F ) > Opacity (%) yang tadinya 100 > 13,5.

11. Cara membuat garis – garis tebal + terputus = Klik Kiri Draw Bezier (ToolBobx) > Bikinlah Garis memanjang atas ke bawah (ukurannya tergantung yang kita mau) > Jika selesai membuat garis kebawah ( Klik kiri 2x) > Tekan tombol Keyboard Shift + Ctrl + F (Fill and Stroke) > Strong Style > Width : 22,091 mm, Dashes : pilihlah yang putus putus > Opacity (%) : 100

12. Cara membuat Baground Kota = File (MenuBar) > Import > Pilih foto > Open > Ok >  Klik Kiri pada Draw Bezier curves (ToolBox) Lakukan pembentukan yang ingin di crop dari titik awal ketemu dengan titik akhir > Rapikan garis Bezier dengan menggunakan Edit path by nodes > Klik Kiri pada garis Bezier yang kita buat + Shift Garis luar > Object > Clip > Set > Lalu tarik gambar tersebut > Klik kiri pada foto kota tersebut > Shift + Ctrl + F (Fill and Stroke) > Opacity (%) : 53,2.

13. Cara membuat kotak (Warna tidak terlalu tebal) = Klik Kiri pada Create rectangles and squares (ToolBox) > Ukuran memanjan kesamping > tekan tombol keyboard Shift + Ctrl + F > Opacity (%) : 41,4.

Logika Program :

a. Selection tool (F1). 
Berfungsi untuk memilih, mengubah ukuran, memutar, menggeser objek pada Lembar kerja.
b. Edit tool (F2).
Berfungsi untuk mengubah/mengedit posisi titik simpul suatu objek hingga objek berubah bentuk.
c. Zoom tool (F3).
Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil ukuran tampilan dokumen.
d. Rectangle tool (F4)
Berfungsi untuk menggambar bentuk objek kotak/persegi panjang.
e. 3D Boxes tool (Shift + F4)
Berfungsi untuk menggambar objek berbentuk kotak 3 dimensi.
f. Circle tool (F5)
Berfungsi untuk menggambar bentuk objek lingkaran, setengah lingkaran dan oval
g. Stars tool (*)
Berfungsi untuk menggambar bentuk objek bintang dan persegi yang memiliki banyak sisi, misalnya : persegi lima.
h. Line tool (Shift + F6).
Berfungsi untuk menggambar garis halus\bentuk objek dengan garis-garis yang saling terhubung.
i. Text tool (F8).
Berfungsi untuk membuat objek teks pada Lembar kerja.
j. Fill tool (Shift + F7).
Berfungsi untuk memberikan warna pada objek dan otomatis membuat objek baru.
k. Gradient tool (Ctrl + F1)
Berfungsi untuk memberikan efek warna gradasi/perpaduan warna pada objek.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Posttest_Analisis Kinerja Sistem