NAMA : DILA HERLIATI
KELAS : 2KA04
NPM : 12116015
MAPEL : Inovasi SI & New Technology
Kelompok 2
2. Perkembangan Hardware dan Software ?
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Perkembangan Software saat ini
PERKEMBANGAN HARDWARE
Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai ke hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah, walaupun prinsip itu tetap berlaku, namun akhir-akhir ini kelihatannya perkembangan hardware komputer lah yang mampu menciptakan “kebutuhan-kebutuhan” dan peluang baru, sebagai contoh: ketika ditemukan komponen-komponen hardware yang lebih kecil dan ipod muncul maka tercipta kebutuhan baru di dunia musik, hal ini juga mampu merubah kondisi industri musik itu sendiri.
Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari
berbagai alat pengolahan data. Adalah seorang Charles Babbage yang
pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini
komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun
1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas.
Berikut adalah perkembangan generasi komputer setelah tahun 1940 :
· Generasi Pertama (tahun
1940-1959). Pada generasi ini komputer menggunakan tabung untuk
memproses data dan menyimpan data. Beberapa komputer yang lahir pada
generasi ini adalah ENIAC, EDVAC, EDSAC.
· Generasi Kedua (tahun
1959-1964). Penemuan transistor pada tahun 1948 adalah salah satu
faktor yang membuat generasi komputer ini lahir. Komputer pada generasi
ini jauh lebih kecil karena menggunakan transistor untuk menggantikan
tabung vakum yang ukurannya lebih besar. Pada periode ini pula, bahasa
pemrograman sudah mulai dikenal untuk menggantikan bahasa mesin pada
generasi sebelumnya sehingga menyebabkan ada beberapa profesi baru yang
bermunculan seperti programmer, analyst dan ahli sistem komputer.
· Generasi Ketiga, (1964-awal80an).
Generasi ini dipengaruhi oleh penemuan IC dan chip untuk mengatasi
kekurangan transistor yang cepat panas. Komputer generasi ini pun
membuat komputer menjadi lebih kecil karena komponen yang banyak dapat
dipadatkan dalam satu chip. Generasi ini pula ditemukan systemoperasi.
· Generasi keempat, (awal80an-??).
Generasi ini adalah pengembangan dari mikroprosesor untuk membuat
komputer lebih bisa melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks. Personal
Komputer dikenal pada generasi ini.
· Generasi kelima, Generasi ini memungkinkan komputer masadepan untuk lebih dapat berinteraksi dengan manusia.
Secara garis besar, hardware pada PC itu dibagi menjadi 5 bagian utama, yaitu :
1. CPU
2. Memory Utama
3. Piranti Input & Piranti Outputm
4. Mediapenyimpanan.
- CPU atau prosessor ini merupakan komponen pemrosesan logika dan aritmatika serta mengendalikan komputer. Kecepatan pemrosesan ditentukan oleh kecepatan clock dari control unitnya. Perhitungannya dalam satuan hertz, semakin besar nilainya semakin cepat clocknya. Contoh Intel Core i7 2.93 Ghz artinya kecepatan clock dari control unitnya adalah2.93Ghz.
- Memory berfungsi menyimpan data dan instruksi yang sedang dijalankan. Ada 2 jenis memory, yang pertama adalah RAM dan yang kedua adalah ROM. ROM ini menyimpan data dan instruksi yang disediakan oleh vendor komputer dan hanya bisa dibaca. Satuan dari kinerja RAM adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh RAM 4 GB artinya RAM mempunyai kapasitasnya sebesar 4 Gigabyte.
- Ouput dan input devices ini berfungsi untuk menjembatani antara komputer dengan lingkungan luarnya. Input Devices adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data, bisa berupa keyboard, scanner, mouse, barcode, dll. Sedangkan untuk Output devices adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan hasil dari pemrosesan data, bisa berupa monitor, printer, speaker dll.
- Media Penyimpanan, media ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen yang nantinya bisa dibaca kembali, bisa berupa harddisk, flashdisk, CD, DVD dan yang sudah mulai ditinggalkan adalah disket. Satuan kapasitasnya adalah bit atau byte, semakin besar nilainya semakin besar kapasitasnya. Contoh Harddisk 160GB artinya kapasitas penyimpanan harddisk tersebut adalah160Gigabyte.
Selain 5 komponen diatas, sebenarnya ada beberapa komponen tambahan
yang berfungsi untuk menambah performansi dari komputer itu sendiri,
seperti LANcard, Wifi untuk perangkat networking dengan satuan
bitpersecond (bps), videocard untuk menghasilkan output gambar ke
monitor dengan satuan byte.
Contoh pembacaan spesifikasi komputer Dell Studio XPS 8100 adalah Core
i7-870 2.93 GHz, 4GB DDR3, 640GB HDD SATA, DVD±RW, GbE NIC, VGA NVIDIA
GeForce GT220 1GB artinya komputer tersebut didukung oleh prosesor Intel
core i7-870 dengan clock 2.93 Ghz dan kapasitas media penyimpanan
harddisk sebesar 640GB, RAM sebesar 4 GB, dan videocard sebesar 1GB.
PERKEMBANGAN SOFTWARE
Pengertian Software
Kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis
dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer.Software
Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari
tahun ke tahun dalam perkembangannya.
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian.
Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada
di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang
memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana
melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup,
maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru
untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau
software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar
yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan
memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru.
Software
komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk
memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software
Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti
mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian
besar dari software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan
bahasa pemrograman.Programer menuliskan perintah dalam bahasa
pemrograman seperti layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada
umumnya dalam melakukan perbincangan.Perintah-perintah tersebut
dinamakan “Source Code”.Program komputer lainnya dinamakan Compiler yang
digunakan pada source code, dan kemudian mengubah perintah tersebut ke
bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer.Dan hasilnya dinamakan
program executable (EXE).
Sejarah Perkembangan Software
Dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern.
Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer.
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung,
sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan
tertentu
2. Era Stabil.
Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang
dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses
yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada
era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan
secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro.
Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern.
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputertetapi
sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem
seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh
software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis,
software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Jika
kita amati sekarang ini gerakan Open Source sudah mulai merambah di
Indonesia yang identik dengan Sistem Operasi Linux. Open Source yang
akrab terdengar di telinga orang-orang TI dapat dikatakan sebagai source
code yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mempelajari maupun ikut
mengembangkan. Source Code ini disertakan dengan distribusi paket
software yang sudah jadi (hasil kompilasi) sehingga pembeli ataupun
pengguna software dapat membedah software tersebut sesuai dengan
keperluanya. Bahkan dapat ikut memperbaiki Bug atau kesalahan logika
dalam software tersebut.
Salah
satu Open Source yang sangat terkenal yaitu sistem operasi linux,
setiap distribusinya vendor selalu menyertai source kode linux.Satu hal
yang perlu ditekankan bahwa software open source tidak selalu gratis
tetapi ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli software
tersebut.Sebagai contoh Sistem Operasi RedHat Linux yang dapat dibeli
dengan harga yang murah. Lalu apa bedanya Sistem Operasi Open Source
dengan Sistem Operasi Close Source seperti yang dipunyai pak Bill Gates?
Pada
software yang Close Source, paket software tidak dapat didistribusikan
lagi selain oleh pembuat/vendor software tersebut.Sedangkan software
yang Open Source dapat didistribusikan secara bebas oleh siapapun.
Tujuan Open Source ini sebenarnya ingin menghilangkan ketergantungan
vendor software, dimana vendor dapat bertindak seenaknya bisa saja
vendor menyisipkan kode-kode yang dapat membahayakan software aplikasi
lain termasuk juga menaikkan harga lisensi.
Dalam
banyak kasus, bila terjadi Bug dalam software yang Close Source
pengguna sangat tergantung kepada vendor yang harus menunggu update
untuk memperbaikinya. Seringkali vendor kurang cepat merespons
perkembangan terkini dan permintaan pengguna.
Bagaimana dengan Open Source?Ya, Open Source adalah salah satu solusi
yang menjanjikan saat ini bagi suatu perusahaan.Perusahaan dapat
membelinya dengan biaya yang jauh lebih murah dan perbaikan maupun
keperluan software tersebut dapat dilakukan oleh staf TI perusahaan itu
sendiri. Sehingga apa yang terjadi? Dengan software yang open source
dapat mendorong semangat tenaga-tenaga TI untuk mempelajari source code
tersebut, dapat menganalisa dimana kelemahan software, apa sesungguhnya
proses yang berlangsung dalam kerja software, dan sekaligus mencari
solusi terhadap kelemahan software yang ditemui. Atau yang lebih ekstrim
adalah memodifikasi software sedemikian rupa agar lebih ergonomis pas
digunakan sesuai dengan keperluan.
Apa hubungannya dengan perkembangan software di Indonesia? Kita lihat
India, ekspor software dan ekspor tenaga TI sangat mendominasi negara
ini.Saat ini India telah menduduki urutan kedua setelah US dalam ekspor
software.Perusahaan-perusahaan software di India tumbuh dengan subur
karena produk/software lokal mereka mendapat tempat di pasar dalam
negeri. Secara otomatis jika software lokal diterima oleh pasar dalam
negeri maka pemerintah dapat mengurangi penggunaan devisa negara dan
mengurangi tingkat ketergantungan impor teknologi atau software dan
tenaga ahli, meningkatkan kapasitas tenaga TI dalam negeri, dan membuka
kesempatan kepada industri pengembang software lokal. Sehingga dengan
adanya peningkatan kapasitas tenaga TI dan kualitas produksi software
maka negara ini mampu melempar keluar hasil produksi dan tenaga TI-nya
ke pasar luar negeri.Mungkinkah hal ini terjadi di Indonesia?
Open
Source secara tidak langsung mendorongan tenaga TI tidak hanya menjadi
End User yang hanya mampu memanfaatkan hasil kerja orang lain. Dengan
demikian jika tenaga TI negeri kita hanya berlaku sebagai End User maka
bidang TI negara kita akan tertinggal dengan negara-negara lain. Maka
dengan adanya Open Source dapat dipelajari source code software dan
dapat menganalisa teknik yang digunakan dalam pembuatan software
tersebut yang nantinya pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk
merancang aplikasi yang berguna.
Perkembangan Software saat ini
Komputer
membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan
diterjemahkan menjadi bilangan biner. Saat ini, tingkat pemrosesan yang
dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai
berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras
dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang
benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari
perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan
sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini
sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit
tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word
(32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti
penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk
bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk
dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang
cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman
tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini
pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang
sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan
puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Klasifikasi Software
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak
sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di
bagi lagi
menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman
Merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan
algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan
komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi
Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama
kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan
memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh
sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat
lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di
jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di
kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus
123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada
perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel
menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah
Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses
tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang
sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh
aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau
CD Audio, kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film
atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing,
e-mail, chatting dan messenger.
Aplikasi
yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer
seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik),
dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).

Komentar
Posting Komentar